Minggu, 20 Februari 2011

Fujitsu Lifebook MH330 Netbook MeeGo OS

Gambar dan artikel kali ini Netbook Fujitsu Lifebook MH330 MeeGo OS ini aslinya berjudul Fujitsu Bawa MeeGo ke Netbook, dari TEMPO Interaktif.
Guna menghadang kedigdayaan Google dan Apple, pekan lalu Nokia "menceraikan" Intel dan memilih menggandeng Microsoft untuk menggunakan sistem operasi Windows Phone 7 pada smartphone buatannya.

Padahal Nokia dan Intel telah mengembangkan MeeGo, sebuah platform terbuka berbasis Linux yang pertama kali dirilis pada 25 Mei tahun lalu. MeeGo merupakan perpaduan sistem Nokia Maemo dengan Intel Moblin.

MeeGo didesain untuk dapat bekerja di berbagai perangkat yang mampu terhubung ke Internet, misalnya ponsel, komputer tablet, netbook, televisi, dan sistem hiburan di mobil.

Sayangnya, hingga kini belum ada satu perangkat pun yang diproduksi secara massal yang berjalan dengan platform MeeGo. Bahkan analis Bank Barenberg, Adnaan Ahmad, menganalogikan MeeGo sebagai lelucon terbesar dalam industri teknologi karena belum ada gebrakan yang membuat operating system itu mampu menyaingi Android, iOS, BlackBerry, atau Windows Phone 7.

Tapi Intel tak larut dalam kekecewaan terhadap produsen ponsel asal Finlandia itu. Jumat pekan lalu, Intel bekerja sama dengan Fujitsu merilis sebuah netbook sebagai perangkat pertama yang berjalan dengan sistem operasi MeeGo: Fujitsu MH330.

"MeeGo merupakan bagian dari upaya gabungan Fujitsu dan Intel untuk sebuah langkah besar di dunia industri," kata Vice President Engineering and Product Marketing Fujitsu PC Wilayah Asia-Pacific, Lim Teck Sin.

Meskipun sempat mendapat cibiran, Lim optimistis netbook Fujitsu MeeGo mampu menarik perhatian konsumen. Fujitsu Lifebook MH330 menggunakan prosesor Intel Atom dan layar seluas 10,1 inci (1.024 x 600 piksel) dengan desain yang tipis. System Software Marketing Director Intel Corporation, Ram Peddibhotla, mengatakan gabungan platform MeeGo dengan prosesor Intel Atom akan membuat kinerja yang kuat untuk memenuhi gaya hidup dinamis.

Kelebihan netbook ini, menurut Peddibhotla, di antaranya ketahanan baterai yang optimal karena prosesor Intel Atom mengkonsumsi daya lebih rendah; ketersediaan Intel AppUp Centre, sebuah toko aplikasi gratisan berbasis web yang dirancang untuk netbook; dukungan multimedia; dan waktu boot yang lebih cepat.

"Kami menyambut Fujitsu dan produsen komputer lainnya untuk bergabung dengan ekosistem MeeGo," katanya.

Fujitsu Lifebook MH330 MeeGo memiliki user interface yang fleksibel dan mudah digunakan. Pengguna dapat mengatur sistem, jaringan, waktu, tanggal, dan akun surat elektronik melalui panel navigasi yang sederhana.

Panel media juga memberi tampilan yang mudah dipahami untuk mengakses video dan file musik. Ada pula panel Myzone, yang memberi gambaran singkat tentang aktivitas pengguna dan menunjukkan update tentang kejadian terbaru dalam lingkup media sosial mereka.

Untuk tahap awal, netbook yang dibanderol dengan harga US$ 400 (sekitar Rp 3,5 juta) ini akan dipasarkan di kawasan Asia-Pasifik.

Spesifikasi Fujitsu Lifebook MH330:
  1. Sistem operasi MeeGo
  2. Prosesor Intel Atom N455 1,66 GHz
  3. Ultraportable CPU dengan RAM 1 gigabita
  4. Hard drive 250 gigabita
  5. Layar LED backlit seluas 10,1 inci (1.024 x 600 piksel)
  6. Ketebalan 18,5 milimeter
  7. Konektivitas Bluetooth 2.1
  8. Built-in webcam dan stereo speaker
  9. 5 in 1 memory card reader slot
  10. Keyboard antitumpahan air
Sumber berita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar