Senin, 28 Februari 2011

5 Alasan Motorola Xoom Tidak Bisa Kalahkan iPad

Mungkin ini bukan informasi yang menarik bagi pecinta Motorola, tetapi saya berharap bisa menjadi berita yang bagus untuk calon pembeli supaya bisa berpikir positif, setidaknya bisa mencari review-review yang lebih detail tentang suatu produk idola yang mau dibeli. Salah satu artikel di TEMPO Interaktif memuat berita tentang Tablet Android OS terbarunya Motorola (Xoom --entah seri yang mana karena sepengetahuan saya ada 3 Tablet Xoom) yang tidak bisa mengalahkan iPad seperti dalam kutipan berikut:
Lima Alasan Motorola Xoom Tak Bisa Kalahkan iPad

TEMPO Interaktif, Jakarta - Tablet Motorola Xoom digadang-gadang mampu menampilkan performa lebih baik ketimbang iPad. Namun kenyataannya kinerja tablet seluas 10,1 inci itu kurang memuaskan.

Mengutip hasil uji coba yang dilakukan Steve Kovach, penulis Business Insider, tablet yang telah dijual bebas dengan harga US$ 800 itu atau sekitar Rp 7 juta jauh berbeda dengan tablet sampel yang pernah dijajalnya tahun lalu. "Tahun lalu saya sangat terkesan ketika menggenggam Motorola Xoom dan penasaran apa yang bisa dilakukan tablet ini bersama dengan Google Android-nya," kata Kovach.

Namun ketika benar-benar menjalankan tablet tersebut, Kovach mengaku kecewa karena beberapa fitur andalan, seperti Adobe Flash dan fungsi kamera tidak bekerja dengan baik. Fungsi Adobe Flash dan kamera pada Motorola Xoom, menurut Kovach sangat mengerikan karena sering tersendat-sendat. "Ketika sedang merekam video, gambarnya terhenti dua kali," katanya.

Selain fungsi kamera dan Adobe yang masih harus diperbaiki, menurut Kovach, bobot Motorola Xoom juga terlalu berat. "Saya tidak bisa membawanya dalam waktu lama," katanya. Tampilan pada layar membosankan karena hampir tidak ada perbedaan ketika dia menambah tingkat kecerahan atau meredupkan cahayanya.

Aplikasi yang tersedia juga masih terbatas. Maklum, tidak semua aplikasi yang ada di Android Market cocok dengan sistem operasi Android Honeycomb yang terbilang baru.

Terlepas dari kekurangan yang dijabarkan Kovach tadi, dia mengaku menyukai desain Motorola Xoom. "Rasanya kokoh di tangan dan tidak ada tombol apapun pada bagian depan sehingga terlihat rapi," ujarnya.

Tablet ini juga nyaman digunakan untuk membuka aplikasi Gmail. Pada layar tersaji dua panel di sebelah kiri dan kanan yang masing-masing menunjukkan daftar kotak surat dan isi surat.

Dari uji coba tadi, Kovach menyimpulkan Motorola Xoom belum bisa mengalahkan iPad. Soal fungsi Flash dan kamera yang tidak berjalan dengan baik memang tak dapat dibandingkan dengan iPad karena tablet buatan Apple itu tidak dilengkapi dengan dua fitur tadi.

Namun setidaknya Motorola yang menjagokan tablet Xoom dapat menghadirkan kinerja yang lebih baik ketimbang iPad, khususnya untuk Flash dan kamera. "Tablet ini memang bisa dijadikan alternatif ketimbang membeli iPad, tapi dengan harga yang sekarang, saya rasa Anda harus berpikir ulang," ujarnya.

Business Insider|Rini K

Gambar dan spesifikasi Motorola Xoom (Motorola XOOM MZ600)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar