Rabu, 08 Desember 2010

Telkomsel CariTau

Ada yang sudah pakai layanan Telkomsel CariTau? Baca sekilas sepertinya layanan ini mirip-mirip dengan fitur TrackID yang selama ini saya pakai di ponsel Sony Ericsson, dimana kita bisa mendapatkan informasi lagu dari artis (penyanyi), album dan judul, hanya dengan aktifkan TrackID untuk merekam sampling music saat ada lagu yang kita mau ketahui info detailnya, lalu system akan kirim ke server via gprs dan masuk browser ponsel, muncullah info yang diharapkan. Namun layanan ini hanya berfungsi dengan sempurna jika lagu yang kita cari adalah lagu barat, karena selama mencoba fitur ini belum pernah saya mendapatkan info lagu Indonesia. Lalu bagaimana dengan layanan barunya Telkomsel ini? seharusnya bisalah. Berikut sedikit kutipan dari web TEMPO Interaktif :
Dengan layanan ini, pelanggan bisa mencari tahu lagu yang didengar di radio atau CD player dengan solusi mendeteksi potongan lagu yang sedang di dengar itu. Setelah itu pengguna bisa langsung menggunakan sebagai nada sambung pribadi dan mengunduh lagu di ponsel tersebut.

VP Digital Music & Content Management Telkomsel Krishnawan Pribadi mengatakan layanan ini menjawab kebutuhan pelanggan untuk mendeteksi dan mengidentifikasi lagu yang disukai. “Yang jelas pelanggan lebih mudah dan lebih cepat,” ujar Krishnawan disela-sela peluncuran layanan CariTau di Cafe Blowfish, hari ini.

Layanan ini menggunakan teknologi Integrated Voice Recognation (IVR) yang dipasang di server Telkomsel. Pengguna cukup mendekatkan speaker dengan sumber lagu dan Telkomsel akan memberitahukan lagu yang dimaksud. Tetapi sebelumnya pelanggan Telkomsel harus menghubungi 9090 dan mengikuti petunjuk selanjutnya. Setelah terdengar nada 'beep', pelanggan harus mendekatkan ponsel ke speaker yang memainkan lagu tersebut selama 10 detik. Pelanggan akan mendapatkan notifikasi sms berisi informasi judul lagu tersebut.

Teknologi dan layanan ini bisa digunakan di semua jenis ponsel. Pelanggan bisa berlangganan dan dikenakan biaya per minggunya Rp 1500. Untuk biaya panggilan mendeteksi lagu ini pelanggan dikenakan biaya Rp 500 per 30 detik, tapi pelanggan Telkomsel yang tidak berlangganan dikenakan biaya Rp 1000.

Untuk layanan ini Telkomsel bekerja sama dengan Code Java yang mempunyai aplikasi atau teknologi IVR ini. Craig Owensby, CEO Code Java mengataan layanan ini merupakan sistem yang terintegrasi dengan data base yang sudah disiapkan. Semua lagu bisa diidentifikasi dengan sistem ini. “Sistem ini bisa merekam secara akurat dan pelanggan dapat mendeteksi lagu yang mereka suka,” ujar Owensby.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar