Minggu, 12 Desember 2010

Chrome OS untuk cloud computing

Sepertinya masa depan Google akan semakin cerah, setelah menjadi sistem operasi mobile favorit lewat OS Android kini juga ada Chrome OS untuk laptop/notebook yang katanya untuk komputasi awan berikut kutipan dari TEMPO Interaktif.
Google mulai mengapalkan Chrome OS ke seluruh dunia hari ini. Namun laptop prototipe itu masih dijual dalam edisi terbatas. Hardware dan spesifikasi laptop tersebut hanya bisa digunakan dengan sistem operasi browser Chrome.

Chrome OS adalah langkah besar menuju cloud computing atau komputasi awan, yang diperkirakan bakal menjadi tren di masa mendatang. Dalam mengakses aplikasinya pun cukup mudah berkat digunakannya Hyper Text Markup Language 5, atau HTML5.

Google mengakui bahwa laptop Chrome OS masih jauh dari sempurna. Misalnya, tidak semua Chrome browser extensions bisa berjalan di Chrome OS, meski untuk booting relatif sangat cepat.

Pada akhirnya ini hanyalah sebuah Netbook. Mungkin lebih G1 dari Nexus One. Yang membuat Netbook ini layak ditunggu adalah sistem operasinya yang menjanjikan untuk mencoba melangkah ke komputasi awan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar